MENGENAL ALAT DAN AKSESORIS KOLAM RENANG

MENGENAL ALAT DAN AKSESORIS KOLAM RENANG

MENGENAL ALAT PERLENGKAPAN DAN AKSESORIS KOLAM RENANG YANG SERING DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN KOLAM RENANG

Sebelum anda membuat kolam renang alangkah baiknya anda mengenal dulu apakah itu peralatan kolam renang beserta aksesorisnya, setelah anda mengetahui jenis nya, baru kita fahami apa fungsi dan kegunaan daripada peralatan tersebut. Berikut jenis dan fungsi peralatan kolam renang yang wajib anda ketahui :

  • Pompa Kolam Renang

Fungsi pompa sebagai alat untuk menyedot dan mendorong air saat sirkulasi dan proses penyaringan menuju filter air, disini hendaknya gunakan lah pompa dengan menyesuaikan seberapa besar kapasitas pompa yang anda butuhkan dengan mengukur seberapa banyak kubikasi air kolam renang dan seberapa besar sand filter yang anda terapkan, dan pilihlah pompa khusus untuk kolam renang yang sudah teruji kemampuannya, aman terhadap korosif chemical dan tidak mudah karatan

  • Filter Kolam Renang

Filer kolam renang berbeda dengan filter air rumah tangga atau filter ikan, Filter kolam renang memiliki desain yang berbeda yaitu lebih besar dan medianya memakai pasir silica dan gravel  dan ada juga yang memakai catridge saja. Tanpa adanya Filter kolam renang maka air kolam renang tidak akan bisa jernih dengan maksimal. Kemudian untuk memilih dan menentukan seberapa besar filter yang anda butuhkan maka perlu anda menghitung seberapa besar kolam renang anda dan seberapa banyak kubikasi air kolam renang yang anda miliki.

  • Inlet Fitting

Inlet Fitting digunakan sebagai lubang outlet air besrsih yang sudah melalui filter, dengan proses sirkulasi air kolam renang dihisap oleh pompa dan pompa masuk ke filter dan filter menuju return inlet dan menuju lubang outlet  atau inlet fitting ini. Sesuaikan kebutuhan inlet fitting dengan ukuran kolam renang anda, untuk kolam renang minimalis biasanya cukup menggunkan 3 atau 4 buah inlet fitting yang terinstal dalam kolam renang anda

  • Skimmer Box dan Vacuum Fitting

Box Skimmer dan Vacuum Fitting ini memililki fungsi yang sama yaitu sebagai lubang vacuum saat kita perawatan kolam renang dan vacuum dasar kolam menggunakan vacuum hose namun perbedaannya vacuum fitting dipasang untuk sirkulasi semi over flow atau over flow sedangkan skimmer box dipasang untuk kolam renag sistem skimmer box

  • Maindrain dan Frame & Grate

Maindrain dan frame & grate memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai lubang drain bawah lantai, lubang ini selain sebagai lubang drain saat buang semua air kolam berfungsi juga sebagai lubang sirkulasi bawah laintai menuju ke mesin kolam renang dan di proses ke filter selanjutnya menuju return inlet

Selain Perlengkapan peralatan kolam yang wajib diatas selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah Aksesoris kolam renang diantaranya sebagai berikut :

  • Tangga Kolam Renang

Tangga kolam renang digunakan sebagai accessoris tangga buat naik dan turun saat mengawali berenang atau mengakhiri, tapi acessories ini tidak wajib bisa di pasang atau bisa diganti dengan tangga beton.

  • Lampu UWL Kolam Renang dan Travo

Lampu kolam renang digunakan sebagai acessories lampu penerangan air kolam renang saat dimalam hari, dengan menambah lampu kolam renang maka kolam renang anda akan tampak indah. Dan untuk keamanan lampu  sebelum anda meghubungkan lampu dengan arus Ac maka mememrlukan travo sebagai step Down Ac dari 220 AC menjadi 12 Vac sehingga aman dan tidak terjadi konsleting atau arus pendek, apabila anda memakai lampu kolam maka wajib memakai trafo ini.

Selain Alat Perlengkapan dan aksesoris diatas ada beberapa alat penunjang maintenance perawatan kolam renang yang harus ada setelah kolam renang anda siap beroperasi yang kita sebut sebagai alat Vacuum Cleaner Set. Adapun item Vacuum Cleaner Set yang perlu anda miliki sebagai berikut:

  • Vacuum Hoese atau selang buat sedot kotoran

Vacuum Hose adalah selang vacuum yang berbentuk spiral  yang konek dengan vacuum head dan vacuum fitting atau skimmer box yang ada di kolam renang berfungsi sebagai penghubung isapan vacuum head lantai dan skimmer box atau ke vacuum fitting

  • Vacuum Head

Vacuum head berfungsi sebagai pengambil atau menyedot kotoran debu dalam dasar lantai kolam renang, vacuum head memiliki banyak desain diantaranya vacuum head brush = Vacuum head bawahnya Sikat, Vacuum Head 4 Wheels vacuum heah yang memiliki 4 roda dan ada juga yang 8 roda dan juga ada pula yang roda plus sikat

  • Telsescopic Handle

Telescopic handle digunakan sebagai tongkat pegangan yang nantinya konek ke vacuum head dan vacuum hose dan juga aceessories vacuum cleaner yang lain.

  • Leaf Skimmer/Serokan

Leaf skimmer digunakan untuk mengangkat daun besar atau sampah puing yang masuk ke dalam kolam rennang. desain lief skimmer ada 2 macam yaitu leaf skimmer flat dan leaf skimmer kantong.

  • Pool Brush

Pool Brush adalag sikat kolam, digunakan untuk sikat dinding dan lantai kolam renang saat selesai vacuum dasar kolam renang, sehingga tidak mudah tumbuh lumut dan flag kotoran dasar lantai kolam renang.

  • Teskit

Test Kit digunakan sebagai alat pengukur PH dan Chlorine air kolam renang, dengan memakai test kit hendaknya bisa mengontrol penggunaan obat kolam renang.